Install CMS Wordpress

WordPress sebagai CMS

WordPress pertama kali hadir di tahun 2003 sebagai pengembangan dari aplikasi blog b2/cafelog oleh Matt Mullenweg dan Mike Little. Pada awalnya wordpress berfokus pada media blog pribadi, dimana konten web diurutkan berdasarkan kronologis. Namun dalam perkembangannya, wordpress berubah dari sekedar blogging platform (hanya untuk membuat blog), menjadi aplikasi CMS yang bisa digunakan untuk membuat website duluar blog, seperti online shop, corporate website, situs edukasi, dll.
Saat ini WordPress termasuk kedalam kelompok aplikasi yang disebut dengan Content Management System (CMS). CMS adalah suatu sistem untuk men-publish, mengedit, memodifikasi, menghapus, dan mengorganisasi konten secara terpusat (wikipedia). Dalam hal ini, konten yang dimaksud adalah artikel yang akan menjadi isi dari website. Sebenarnya kita bisa membuat website tanpa harus menggunakan CMS. Tutorial HTML dan CSS dasar yang ada di duniailkom ini sudah mencukupi untuk membuat website sederhana. Namun kebanyakan orang tidak memiliki waktu untuk mempelajari kode pemrograman web tersebut. Belum lagi dengan kompleksitas yang diperlukan untuk mengorganisasi ratusan artikel yang nantinya ada di dalam website.


Berikut langkah-langkah instalasi CMS wordpress:
1. Download dulu file zip wordpressnya. Setelah itu salin file zipnya ke folder /var/www/html/. kemudian beri hak akses menggunakan perintah "chmod -R 777 wordpress"
2. Kemudian kita buka browser. Pada kolom url isi "ip_server/wordpress". Kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Lalu klik "Let's go".
3. Pertama kita buat akun untuk adminnya. Kemudian klik "install wordpress"


4. Selanjutnya kita buat database untuk CMS worpressnya. Masukkan saja data yang di butuhkan. Lalu klik submit.

5. Selanjutnya jika muncul tampilan seperti di bawah ini. Kita cuku buka terminal. Lalu pindah ke folder "/var/www/html/wordpress" Kemudian ketikkan perintah "cp wp-config-sample.php wp-config.php". Kemudian refresh page.

6. Selesai. Kemudian klik login. Lalu login menggunakan akun admin yang sudah dibuat di awal tadi.