Install CMS XIbo

Pengertian CMS xibo

Xibo adalah solusi Open Source Digital Signage. Ini terdiri dari server aplikasi yang ditulis dalam PHP, dan aplikasi client. Xibo merupakan salah satu aplikasi digital signage, xibo bersifat Free dan Open Source, sehingga kita bisa menggunakannya secara gratis.

Berikut langkah instalasinya:
1.  Download dulu file zip CMS Xibonya. Kemudian pindah file zip tersebut ke /var/www/html.
2. Kemudian kita pindah le folder /var/www/html menggunakan perintah "cd  /var/www/html" kemudian kita ekstrak filenya menggunakan perintah "unzip xibo..."
3. KIta lihat hasil ekstraknya. Itukan namanya panjang. Kita ubah namanya menjadi "xibo" saja. Menggunakan perintah "mv xibo-cms... xibo"
4. Selanjutnya kita beri hak akses pada folder xibo menggunakan perintah. "chown -R www-data:www-data xibo" dan "chmod -R 777 xibo"
5. Selanjutnya kita buka melalui browser. Pada kolom url isi "ip_server/xibo" Lalu akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Klik "next"
6. Selanjutnya kita akan membuat database. Cukup isi data yang dibutuhkan. Lalu klik "next"

7. Selanjutnya kita buat username adminnya. Setelah itu klik "Next"
8. Selanjutnya kita disuruh memilih folder untuk data xibo. Kita buat dulu foldernya. Masuk ke terminal lagi. Kemudian ketikkan perintah seperti gambar di bawah ini. Setelah itu klik "Next"


9. Selesai. Selanjutnya kita tinggal login.