Membuat WebMail Server Menggunakan Squirrelmail

Mail Server adalah sebuah aplikasi yang menerima e-mail dari pengguna lokal (dari domain yang sama) maupun pengirim remote dari jaringan lain (internet). Selain itu Mail Server juga mampu mem-forward e-mail tersebut ke Mail Server lainnya untuk dikirim. Intinya Mail Server adalah yang melayani kalian para user dalam proses pengiriman dan penerimaan e-mail seperti halnya kantor pos. Untuk dapat mengirimkan e-mail, sebuah Mail Server harus memiliki sebuah MTA (Mail Transport Agent) didalamnya. Fungsi utamanya adalah untuk mengirimkan e-mail dari MailServer lokal ke Mail Server remote. Sebenarnya ada banyak sekali jenis-jenis MTA yang Dapat kalian install di debian. Beberapa contohnya adalah : Postfix ,Sendmail ,Qmail ,Exim ,Zimbra

Selain untuk mengirimkan e-mail, Mail Server juga bertugas untuk menerima e-mail menggunakan protokol POP atau IMAP. Untuk itu diperlukan juga sebuah POP dan IMAP server agar Mail Server dapat berfungsi dengan sempurna dalam menerima email masuk dari MTA Mail Server lain. Contoh POP dan IMAP server yang cukup terkenal adalah Courier dan Dovecot.
Sebelum mengkonfigurasi mail server dan mengistallnya dalam konfigurasi dns anda pastikan telah sama dengan yang saya buat, yang saya maksud disini ialah adanya baris “@ IN MX 2 mail.ahmad.net” atau “ mail IN A 192.168.36.183 ”
Baris ini dalam konfigurasi dns-server harus ada , dalam installasi mail server kali ini saya akan mengunakan postfix dan courier , langkah-langkah installasinya :

1. Langkah pertama yaitu install postfix,IMAP dan POP3. Dengan menggunakan perintah "apt-get install postfix courier-imap courier-pop"
 2. Lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini. pilih Ok
3. Selanjutnya pilih internet site
4. Pilih Ok lagi.
5. Masukkan sub domain yang sudah di buat.
6. Pilih Yes
7. Selanjutnya kita buat folder untuk menjadi tempat penyimpanan e-mail. Manggunakan perintah "maildirmake /etc/skel/Maildir"
8. Selanjutnya kita konfigurasi agar folder yang sudah kita buat menjadi tempat penyimpan mail. Caranya kita ketik perintah "nano /etc/postfix/mail.cf" Lalu pada baris akhir file kita tambahkan "home_mailbox = Maildir/" Setelah itu tekan ctrl + x, y lalu enter.


9. Selanjutnya kita konfigurasi ulang postfixnya menggunakn perintah "dpkg-reconfigure postfix"

10. Lakukan langkah yang sama seperti tadi. Sampai muncul tampilan seperti di bawah ini. Isi password untuk postfixnya.
11. Lalu jika muncul tampilan seperti ini. Cukup tambah localhost
 pada akhir kalimat.
12. Ini pilih no saja.
13. Selanjutnya pada bagian akhir ditambahkan "0.0.0.0/0"
14. Selanjutnya pilih no juga.
15. Selanjutnya biarkan default saja.

16. Ini pilih yang ipv4 aja.
17. Selanjutnya kita restart postfix,courier-pop, dan courier-imap. Menggunakan perintah "service postfix restart" "service courier-pop restart" "service courier-imap restart"

18. Selanjutnya kita tambah user baru untuk squirrelmailnya. Menggunkan perintah "adduser namauser" Kemudian tekan enter terus sampai selesai.
 

19. Kemudian kita konfigurasi pada apache2 agar bisa di buka di browser. Kita gunakan perintah "nano /etc/apache2/apache2.conf". Lalu pada akhir baris kita isikan "Include /etc/squirrelmail/apache2.conf"


20. Selanjutnya kita restart apache2 menggunakan perintah "service apache2 restart"
21. Selanjutnya kita buat shortcut agar di dokumen root webserver kita terdapat seperti link menuju squirrelmail. Menggunakan perintah "ln -s /usr/share/squirrelmail/ /var/www/html/mail"
22. Selanjutnya tinggal kita buka melalui browser.